Cara Memilih Oli yang Tepat di Bengkel Ganti Oli

Cara Memilih Oli yang Tepat di Bengkel Ganti Oli

Tanpa adanya oli, mesin tidak akan berfungsi dengan baik. Agar tidak ada goresan yang dapat merusak mesin, maka sebaiknya rutin dalam mengganti oli. Selain itu tujuan utamanya agar mesin bisa bekerja dengan optimal.

Pemilihan oli yang tidak disesuaikan dengan mesin mobil tentu dapat memengaruhi kinerja mesin. Hal ini dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman saat mengendarai mobil, bahkan rentan terjadi kerusakan pada mesin mobil. Berikut 4 tips yang dapat lakukan sebelum memilih oli untuk mesin mobil Anda.

Perhatikan Kekentalan Oli

Tips kedua yang harus Anda perhatikan sebelum membeli oli yaitu memerhatikan tingkat kekentalan oli. Terdapat dua jenis kekentalan oli, yaitu kental dan encer. Oli yang lebih kental sangat cocok digunakan oleh mobil keluaran lama atau lebih dari lima tahun. Oli yang lebih kental menjadi pelumas terbaik bagi mobil dengan celah komponen mesin yang renggang.

Sedangkan oli yang lebih encer sangat cocok digunakan untuk mobil keluaran baru. Hal ini karena biasanya mesin mobil yang masih baru memiliki gaya gesek yang cukup rendah bila dibandingkan dengan mobil lama. Perlu diketahui bahwa kekentalan oli bukan hanya konsistensi cairannya saja, namun termasuk dalam kemampuan oli dalam beradaptasi saat suhu rendah maupun suhu tinggi.

Teliti Sebelum Membeli Oli

Teliti sebelum membeli merupakan salah satu tips yang tidak boleh Anda lewatkan saat membeli oli. Hal ini karena banyak beredar oli palsu yang dijual dengan harga lebih terjangkau bila dibanding oli asli. Dengan harga yang relatif lebih murah tentu sebagian orang akan tertarik untuk membelinya.

Untuk menghindari terjadinya penipuan, maka Anda harus memahami ciri-ciri oli palsu yang beredar luas di pasaran, yaitu sebagai berikut. Pertama kenali warna oli sebelum membeli. Secara umum, oli asli berwarna kuning dan jernih menyerupai kelapa sawit, sedangkan oli palsu biasanya berwarna lebih hitam dan pekat.

Kedua, perhatikan tekstur oli dengan memegang menggunakan dua jari. Oli asli yang terdapat di bengkel ganti oli memiliki tekstur yang licin dan bersih saat disentuh, sedangkan oli palsu memiliki tekstur lebih kasar karena adanya kandungan logam. Ketiga, hiruplah aroma oli. Oli asli biasanya memiliki aroma yang khas dan tidak menyengat, sedangkan oli palsu memiliki aroma yang kuat seperti bekas pembakaran.

Itulah 3 cara agar terhindar dari oli palsu. Sebelum membeli oli, pastikan Anda memahami ciri-ciri oli asli dan palsu agar tidak mudah tertipu. Selain itu untuk mencegah terjadi penipuan, lebih baik Anda membeli oli di bengkel terbaik dan profesional.

Perhatikan Bahan Baku Oli

Cara memilih dan ganti oli mesin di bengkel selanjutnya yaitu dengan memerhatikan bahan dasar oli. Terdapat dua jenis oli, yaitu oli sintetis dan oli mineral. Oli sintetis merupakan oli yang dibuat dari campuran bahan kimia dengan sifat aditif. Sedangkan oli mineral merupakan oli alami yang terbentuk dari ekstraksi minyak bumi.

Dalam penerapannya, oli sintetis lebih cocok digunakan untuk mobil keluaran terbaru. Hal ini karena oli sintetis memiliki banyak kelebihan bila dibandingkan dengan oli mineral. Kelebihan yang terdapat dalam oli sintetis antara lain rendahnya kadar penguapan, lebih tahan terhadap gesekan, tahan terhadap oksidasi, lebih ekonomis, dan mampu menjaga kebersihan mesin lebih lama.

Pahami Karakter Mesin Mobil

Tips sebelum membeli dan ganti oli mobil yang harus diperhatikan yaitu dengan memahami karakter mobil. Anda dapat mengetahui karakter mobil secara tepat dengan melihat buku petunjuk yang biasanya disertakan saat Anda membeli mobil. Dalam buku petunjuk tersebut akan dijelaskan secara jelas mengenai spesifikasi mesin dan jenis oli yang cocok.

Selain membaca mengenai spesifikasi mesin mobil, Anda juga dapat berkonsultasi dengan mekanik di bengkel oli profesional. Seorang mekanik yang profesional dan berpengalaman tentu dapat memberikan saran yang tepat mengenai jenis oli sesuai spesifikasi komponen mesin mobil Anda.

Terdapat 4 tips yang dapat diterapkan sebelum mengganti oli mesin mobil Anda. Pastikan Anda mengganti oli secara berkala di bengkel ganti oli yang berpengalaman dan profesional. Dengan memilih bengkel yang profesional tentu dapat menghindarkan Anda dari penipuan oli maupun proses penggantian oli yang salah.

admin

Related Posts

Pengen Punya Bengkel Mobil Terdekat Yang Laris? Ini Caranya!

Pengen Punya Bengkel Mobil Terdekat Yang Laris? Ini Caranya!

Jangan Salah Sebut, Kenali 7 Jenis Tas Wanita Ini

Jangan Salah Sebut, Kenali 7 Jenis Tas Wanita Ini

Resep Sayuran Bening Selada

Resep Sayuran Bening Selada

kegiatan positif bagi anak yang tidak membosankan

kegiatan positif bagi anak yang tidak membosankan

Artikel Terkini