5 Makanan Berserat Tinggi untuk Anak, Enak dan Sehat

5 Makanan Berserat Tinggi untuk Anak, Enak dan Sehat

Asupan serat baik yang tercukupi di dalam tubuh bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan. Tidak hanya diperlukan bagi tubuh orang dewasa, asupan serat juga dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan anak. Tahukah Anda makanan apa saja yang mengandung serat? Yuk, simak ini 5 jenis makanan berserat tinggi untuk anak.

  1. Kacang-kacangan

Salah satu jenis makanan sebagai sumber serat yang baik adalah aneka jenis kacang-kacangan termasuk kacang tanah, kacang hitam, dan kacang merah. Memiliki kandungan serat yang cukup tinggi kacang tanah juga mengandung protein dan zat besi.

Sementara jenis kacang hitam mengandung antioksidan yang dapat melindungi dan meningkatkan daya tahan tubuh. Mengonsumsi kacang-kacangan bagi orang dewasa juga bisa membantu untuk menurunkan berat badan secara alami bagi Anda yang sedang menjalankan program diet.

  1. Nasi Merah

Perlu ibu ketahui kandungan serat di dalam nasi merah lebih tinggi dibandingkan kandungan serat pada nasi putih. Nasi merah dapat ibu berikan kepada anak secara berkala sebagai pengganti nasi putih. Rasanya yang terbilang lebih enak dan unik membuat nasi merah mudah dikombinasikan dengan jenis makanan yang kaya serat lainnya.

  1. Oatmeal

Oatmeal termasuk dalam jenis makanan berserat tinggi yang cocok untuk anak. Makanan sehat lengkap dengan cita rasanya yang enak ini umumnya mengandung sekitar 4 gram serat ketika sudah dimasak.

Sebagai menu sarapan anak, ibu dapat mencoba  sesekali mengganti sereal atau roti anak dengan oatmeal gandum utuh. Ibu pun bisa mencampurkan oatmeal dengan buah atau sirup favorit anak, seperti strawberry, kayu manis, atau sirup maple untuk menambah kenikmatan oatmeal.

  1. Roti Gandum

Hampir sama dengan oatmeal, roti gandum dapat ibu jadikan pilihan pengganti selain roti putih. Perlu ibu ketahui di dalam setiap irisan roti gandum terdapat kandungan serat sebanyak 2 gram.Tambahkan selai kacang atau coklat, sesuai selera anak agar anak semakin lahap makan.

  1. Brokoli

Secara umum beraneka ragam sayur-mayur merupakan sumber gizi yang baik untuk menunjang pertumbuhan anak. Brokoli termasuk dalam deretan makanan sehat untuk anak. Tidak hanya mengandung 5.4 gram serat per cangkir, brokoli juga mengandung banyak zat-zat bergizi lainnya.

Zat gizi berupa vitamin C, vitamin K, vitamin B kompleks, asam folat, potasium, zat besi, antioksidan dan protein terkandung di dalam brokoli. Mengonsumsi brokoli dengan aturan yang cukup akan memberikan manfaat baik bagi kesehatan anak.

Brokoli bermanfaat meningkatkan kemampuan otak anak, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan gigi dan tulang, bahkan bisa melindungi kulit dari sinar UV.

Itulah, 5 jenis makanan berserat tinggi untuk anak. Rajin mengonsumsi makanan berserat tinggi adalah wajib sebagai usaha menjaga kesehatan tubuh. Yang perlu dipastikan adalah konsumsinya dalam jumlah yang cukup tidak perlu berlebihan.

admin

Related Posts

Pentingnya Tetap Memberikan Susu Anak Sekolah

Pentingnya Tetap Memberikan Susu Anak Sekolah

Susu Formula Untuk Bayi Alergi Susu Sapi

Susu Formula Untuk Bayi Alergi Susu Sapi

Artikel Terkini